Artikel
  • Register

Tahapan Rehabilitasi : Asesmen Awal dan Diagnosis

Untuk menentukan besar masalah yang ada pada individu, diperlukan suatu asesmen klinik secara lengkap, dimana hasil asesmen ini merupakan dasar untuk menentukan diagnosis serta intervensi atau rencana terapi yang sesuai untuk individu yang bersangkutan. Secara umum asesmen dapat digambarkan sebagai suatu proses mendapatkan informasi tentang klien secara komprehensif, baik pada saat klien memulai program, selama menjalani program, hingga selesai mengikuti program. Informasi tentang klien pada umumnya dilakukan dengan tiga pendekatan yaitu observasi, wawancara, serta pemeriksaan medik.

Read more...

ANCAMAN NARKOBA BAGI GENERASI MUDA

“Berikanlah aku 1000 orang tua, niscaya  akan kucabut Semeru beserta akarnya. Berikan aku 10 pemuda maka akan kuguncang dunia “

-Ir. Sukarno-

Generasi muda merupakan pemegang tongkat estafet masa depan bangsa. Pemuda  merupakan generasi penerus dan pemimpin bangsa yang harus dipersiapkan dalam mencapai cita-cita bangsa. Generasi muda memiliki peranan besar sebagai subyek maupun sebagai obyek dalam pembangunan pada masa kini dan masa yang akan datang. Kompetensi dan daya saing pemuda merupakan bagian integral dari pembangunan karakter menghadapi tantangan global.

Read more...

Apa yang Harus Dilakukan Oleh Keluarga Apabila Menemukan Ada Anggota Keluarganya yang Mengalami Ketergantungan Narkoba?

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diketahui oleh keluarga yang memiliki pecandu narkoba di dalamnya:

1. Bernegosiasi dengan pecandu atau secara paksa membawanya ke rehabilitasi narkoba/IPWL.

Ada pecandu yang bersedia secara sukarela mengikuti program pemulihan di rehabilitasi narkoba, namun lebih banyak pecandu yang menolak untuk terisolir di sebuah rehabilitasi. Kehidupan di rehabilitasi narkoba merupakan penderitaan bagi mereka yang masih berada dalam tahap kecanduan, terutama saat melewati kondisi putus zat/sakaw. Namun keluarga harus memahami bahwa ini merupakan langkah yang tepat bagi kehidupan pecandu selanjutnya meskipun harus dilakukan dengan cara paksa.

Read more...

Bintal Nasrani di Unit Pelaksanaan Teknis Terapi & Rehabilitasi

UPT T&R BNN memberikan sarana-sarana untuk beribadah kepada residen. Kegiatan beribadah ini  dilaksanakan di Kapel UPT T&R BNN dan disetiap fasilitas residen dalam bentuk bimbingan mental agama Kristen/ nasrani (bintal nasrani). Kita membuat ibadah dan mengajak mereka untuk beribadah kepada Tuhan. Kita juga membuat program-program yang bekerja sama dengan Gereja-gereja dimasyarakat untuk menyambut hari-hari raya Kristen dan untuk supaya iman mereka lebih terbuka. Membuka sarana konseling agama Kristen. Dan membuat mereka merasakan kehadiran kita sebagai suatu keluarga Kristen. 

Read more...

Kedudukan, Tugas Pokok, dan Fungsi

Tanggal 31 Oktober 1974 diresmikan oleh Ibu Tien Suharto, realisasi Bakolak Inpres No: 6 Tahun 1971 sebagai Pilot Project DKI Jakarta, dengan nama Wisma Pamardi Siwi yang berfungsi sebagai tahanan wanita & anak-anak nakal sebelum diperkarakan / diajukan ke pengadilan.